Latihan 1 Sistem Informasi Pembangunan

Nama : Riyan Bakhtiar
NIM : 21/483118/SV/20083
Kelas: PEK 51
Kepribadian menurut MBTI : ENTJ-T

Pertanyaan

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawab:

Karena suatu informasi bisa dipakai dalam pengelolaan pada kondisi tertentu. Dengan adanya sistem informasi seorang Perencanaan Pembangunan dapat membuat keputusan atau kebijakan yang tepat sasaran, lokasi, dan alokasi sehingga dapat meminimalisir kesalahan. Karena pada sistem informasi dapat menyediakan data yang valid untuk analisis perencanaan pembangunan dan pemetaan serta sistem informasi memainkan peran penting dalam mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan menyajikan data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan efektif.
Pembangunan melibatkan berbagai aspek seperti perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.
Seperti contohnya adalah program aplikasi komputer SIMDA Keuangan yang dibuat oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah suatu program aplikasi yang ditujukan untuk membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerahnya. Dengan aplikasi ini, pemda dapat melaksanakan pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, dimulai dari penganggaran, penatausahaan hingga akuntansi dan pelaporannya. Fungsi utama pengimplementasian SIMDA Keuangan adalah sebagai berikut.

  1. Pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah (penganggaran, pelaksanaan, pertanggungjawaban);
  2. Menyusun laporan keuangan lebih efisien dan akurat;
  3. Menyimpan data keuangan untuk keperluan manajemen lainnya;
  4. Menyajikan informasi yang akurat secara efektif dan efisien yang akan digunakan oleh pengguna laporan; dan
  5. Mempermudah proses audit bagi Auditor dengan merubah tata cara audit manual menjadi Electronic Data Processing (EDP) audit.

Selain itu SIMDA Keuangan sangat berperan penting untuk suatu daerah seperti halnya:
  1. Operasional Organisasi
  2. Penerapan SIMDA Keuangan berperan penting dalam mendukung operasional SKPKD, mulai dari bidang penganggaran, akuntansi sampai pada perbendaharaan. Kecuali untuk efektifitas dan efisiensi tugas pemerintahan dalam hal konektivitas dan integrasi aplikasi sistem informasi dan komunikasi masih perlu dibenahi dan ditingkatkan
  3. Pengambilan Keputusan
  4. Penerapan SIMDA Keuangan dapat menghasilkan informasi secara cepat, tepat dan akurat sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan bermakna oleh pihak yang berwenang.
  5. Sasaran strategis
  6. Penerapan SIMDA Keuangan dapat mendukung pencapaian tujuan dan sasaran strategis organisasi atau SKPKD.
  7. Pengendalian Akses dan Wewenang User
  8. Penerapan SIMDA Keuangan telah dilengkapi dengan pengendalian akses dan wewenang user yang mampu menjamin keamanan data yang diolah SIMDA keuangan.
  9. Pengendalian Keamanan Umum
  10. Penerapan SIMDA Keuangan mampu menjamin keamanan data yang diolah melalui pengendalian keamanan secara fisik.
  11. Pengendalian Menu Berdasarkan Fungsi
  12. Penerapan SIMDA Keuangan sudah menjalankan pengendalian menu berdasarkan fungsi untuk menjamin keamanan data per bidang di SKPKD dan untuk validitas input data.
  13. Pengendalian Aplikas
  14. Penerapan SIMDA Keuangan sudah menjalankan pengendalian aplikasi dengan baik melalui pengendalian masukan, pengendalian proses dan pengendalian keluaran untuk memastikan aplikasi SIMDA Keuangan telah berjalan dengan baik dan memenuhi harapan